pendaftaran kartu prakerja gelombang tigabelas
pendaftaran kartu prakerja gelombang tigabelas

Syarat Dan Cara Daftar Kartu Prakerja Tahun 2021

Diposting pada

Program Kartu Prakerja awal bulan maret 2021 ini memasuki fase Gelombang Tigabelas setelah februari lalu gelombang duabelas selesai dan telah di umumkan siapa saja peserta yang terpilih akan menerima manfaatnya.

Bagaimana Cara Daftar Kartu Prakerja Tahun 2021? Secara umum syarat dan caranya sama seperti di tahun 2020, namun ada sedikit perubahan sekarang berkas yang di upload hanya foto KTP saja tidak lagi mengirim foto selfi.

Syarat Daftar Kartu Prakerja 2021

Kemudian maksimal hanya bisa daftar dua NIK dalam satu KK. Misalnya tahun lalu kepala keluarga yang mendaftar, Nah sekarang istrinya yang di daftarkan atau bisa juga sebaliknya. Atau mendaftarkan nama anak, asalkan berusia diatas 18 tahun dan tidak sedang menempuh pendidikan formal (tidak sedang kuliah).

Syaratnya, anda bukan ASN, pegawai BUMN/BUMD, TNI POLRI dan Pegawai Desa. Tidak di perkenankan untuk mengikuti Seleksi Kartu Prakerja bagi Penerima Bantuan Sosial dari pemerintah seperti PKH dan BPNT, karena dari NIK KTP akan terbaca oleh system.

Yuk! simak tahapan – tahapannya dibawah ini khusunya untuk pendaftaran baru gelombang tigabelas yang dibuka hari ini tanggal 04/03/2021 hingga 07/03/2021.

Sebelum mendaftar siapkan KTP, kartu KK, alamat email, dan nomor HP yang harus aktif 6 bulan kedepan. kemudian siapkan handphone yang support internet seperti HP Android karena pendaftaran melalui online.

Cara Daftar Kartu Prakerja 2021

Buka situs resmi kartu prakerja di www.prakerja.go.id

(ingat! mendaftar harus di situs resminya yah, bukan yang lain)

Klik > BUAT AKUN

Isi email dan password

Masukkan email anda yang aktif yah!, karena akan menerima kode verifikasi. Pada kolom Password dan Konfirmasi password isi kata sandi yang sama (anda buat sendiri passwordnya). Lalu klik > BUAT AKUN

email konfirmasi terkirim

Email konfirmasi sudah terkirim ke alamat email anda, Selanjutnya silahkan anda buka email atau folder “GMAIL” di handpone.

Email konfirmasi adanya di SPAM

Ingat! selama ini email konfirmasi dari kartu prakerja tidak pernah masuk melalui kotak masuk/inbox utama, melainkan selalu berada di folder SPAM (tombol navigasi kiri di klik) seperti pada gambar. jika masih belum ada silahkan halaman spam di refresh.

Banyak calon peserta yang tidak bisa melanjutkan pembuatan akun kartu Prakerja dengan alasan tidak menerima email konfirmasi, padahal email masuknya ke spam.

kotak masuk spam

Silahkan buka Verifikasi Email untuk registrasi Prakerja, seperti pada gambar.

*Note

Mulai gelombang empatbelas email verifikasi masuk ke kotak masuk utama

link verifikasi prakerja

Lihat gambar diatas ini ya kaka!, Untuk memverifikasi akun kartu prakerja ada dua cara, Pertama anda harus klik tombol biru Verifikasi Email Sekarang tapi jika browser default yang anda gunakan sama seperti browser yang di pakai pertama untuk registrasi.

Kedua Copy/salin link yang di lingkari kemudin paste/tempel pada tab baru di browser dan klik OK. (jika mendaftar menggunakan web browser Chrome, di sarankan link verifikasi di klik di Chrome juga untuk menghindari kegagalan saat verifikasi).

Email terverifikasi

Pastikan setelah klik URL link verifikasi, anda mendapatkan notifikasi “EMAIL TERVERIFIKASI” artinya anda sudah terdaftar di platform kartu prakerja dan bisa lanjut ke tahap berikutnya. Namun jika belum berhasil silahkan diulang kembali.

Sampai tahap ini pembuatan akun kartu prakerja sudah selesai, selanjutnya klik lihat dasboard prakerja anda, atau melalui link https://dashboard.prakerja.go.id/masuk untuk login.

Verifikasi KTP

Tahap selanjutnya Verifikasi KTP: isi NIK KTP di kolom pertama, Nomor KK di kolom kedua, dan samakan tanggal lahir sesuai di KTP. Lalu klik > LANJUTKAN

Data diri

Data Diri, Silahkan isi kolom Alamat sesuai yang tertulis di KTP, Pilih provinsi, kabupaten, kecamatan. Kemudian status kebekerjaan, topik pelatihan dan yang lainnya silahkan anda sesuaikan pilih dari dropdown.

Upload foto ktp

Upload foto KTP, ukuran file maksimal 2MB. Silahkan di Ubah ukuran file foto jika melebihi ketentuan. Notifikasi upload berhasil seperti pada gambar. Centang “Saya bersedia mengisi seluruh data yang dibutuhkan dengan sejujur-jujurnya”. klik > LANJUTKAN

verifikasi nomor hp

Langkah selanjutnya Verifikasi Nomor HP. masukkan nomor hp lalu klik > KIRIM.

input kode OTP

Silahkan cek inbox sms dari prakerja, Input 6 digit kode 0TP lalu klik > VERIFIKASI. Apabila kode OTP tidak juga anda terima melalui SMS, Silahkan untuk mengganti nomor HP dari operator lain.

Gabung Gelombang Pilihan

Pembuatan akun prakerja sudah selesai. Seilahkan cek secara berkala dasboard prakerja anda, siapa tau Seleksi Gelombang sudah di buka untuk ikut gabung.

Perlu anda ketahui, untuk pembuatan akun kartu prakerja tahun 2021 tidak semua pendaftar mengisi Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar di awal, karena ada juga yang mengisi tes tersebut pada saat gelombang pilihan dibuka. Karena memang tugasnya baru muncul saat itu.

Berbeda dengan Pendaftaran kartu prakerja tahun 2020 yang mewajibkan mengisi tes motivasi dan kemampuan dasar di saat mendaftar. Yaitu menjawab 18 pertanyaan yang harus di selesaikan dalam 25 menit.