Cara cek Penerima Bansos Rp300 perbulan
Cara cek Penerima Bansos

Cara Cek Penerima Bansos Tunai Tahun 2021

Diposting pada

Bantuan Sosial Tunai (BST) dari pemerintah lewat Kemensos dengan nilai Rp 300 Ribu di tahun 2021 ini sudah cair pertama kali yaitu di bulan Januari lalu. Program pemerintah yang lain seperti Kartu Prakerja rencananya akan di teruskan di tahun 2021 ini,

Namun hingga awal februari belum juga di buka gelombang 12. Khusus untuk Bansos Tunai sebesar Rp 300 Ribu perbulan akan diterima oleh setiap KPM dengan KTP yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) kementerian sosial.

Bantuan tunai akan disalurkan oleh PT Pos Indonesia yang rencananya berlangsung selama 4 bulan (Januari, February, Maret dan April). Bansos Tunai di tahun 2021 ini masih diadakan oleh pemerintah akibat dari pandemi Covid 19 yang belum usai.

Bagaimana Cara Cek Penerima Bansos Tunai?

Cara ngeceknya mudah saja bisa lewat HP dengan mengakses website resmi Kementerian sosial lalu input NIK KTP pada kolom yang tersedia.

Silahkan akses website dtks.kemensos.go.id

Laman resmi Kemensos dtks.kemensos.go.id
Laman : dtks.kemensos.go.id

Kemudian klik > Cek Bansos di pojok kiri atas lalu pilihlah salah satu jenis ID yang anda miliki seperti ID DTKS/BDT, Kartu Sembako/BPNT, Nomor Peserta PKH, Nomor PBI JK/KIS dan terakhir dengan NIK KTP.

Hasil pencarian data dtks
pencarian data penerima Bansos
  1. Masukan nomor kepesertaan sesuai ID yang anda pilih.
  2. Masukkan nama lengkap sesuai tertera di ID contoh ID NIK KTP.
  3. Masukkan huruf atau angka yang tertera pada kolom Captcha.
  4. Klik Cari

Kemudian data diri anda akan tertera penerima bantuan tunai dari pemerintah atau malah sebaliknya data anda tidak ditemukan

Cara Mencairkan Bansos Tunai

Pencairan bansos yang 300.000 di salurkan melalui kantor pos, namun anda sebagai penerima tidak perlu konfirmasi ke kantor pos karena akan ada surat undangan yang diberikan kepada anda oleh ketua RT atau melalui perwakilan dari desa.

Waktu pengambilan bansos tunai Rp300.000 ditentukan oleh pihak kantor pos dan diberitahukan ke calon penerima melalui perangkat desa ketika memberikan surat undangan.

Perihal tempat pengambilan biasany di kantor pos atau di kantor desa, jadi anda datang ke kantor kepala desa nanti petugas dari kantor yang datang ke desa anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *