memilih sabun pencuci botol yang aman untuk bayi

Beberapa Gangguan Pencernaan yang Sering Dialami Bayi

Diposting pada
memilih sabun pencuci botol yang aman untuk bayi

Gangguan pencernaan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Saat orang dewasa mengalami gangguan pencernaan akan terasa sangat tidak nyaman bahkan untuk berkegiatan. Begitu pula ketika gangguan pencernaan jika di alami oleh bayi tentunya sangat membuat tidak nyaman bagi si kecil.

Oleh karena itu penting sekali ayah dan bunda mengetahui beberapa jenis gangguan pencernaan pada bayi termasuk gejala dan penyebabnya.

Menurut para ahli, gangguan pencernaan pada bayi sering kali terjadi disebabkan oleh saluran pencernaan yang dimiliki oleh bayi masih belum berkembang dengan sempurna. Pada bayi, sel-sel usus yang dimiliki jauh lebih renggang dibandingkan milik orang dewasa hal tersebut tentunya membuat bakteri penyebabkan penyakit di saluran pencernaan dengan mudah masuk.

Alasan lainnya yaitu pada bayi lapisan mukus atau lendir yang ada di usus masih tipis dan menyebabkan beberapa bagian di usus yang tak terlindungi. Selain itu juga seperti yang kita ketahui bahwa tingkat imunitas bayi yang lebih rendah dari pada orang dewasa sehingga membuat bayi lebih rentan terinfeksi.

Berikut beberapa jenis gangguan pencernaan yang sering dialami bayi, yaitu:

  1. Kembung

Ketika perut bayi kembung dan keras sangat membuat tidak nyaman baik bagi orang dewasa ataupun bayi. Saat perut bayi kembung biasanya akan diungkapkan dengan sikapnya yang rewel . Perut kembung bisa terjadi karena beberapa kondisi, salah satunya karena kadar kalium yang berkurang diakibatkan diare atau adanya gas yang terperangkap di perut dalam jumlah banyak. Selain itu alasan lainnya bisa dikarenakan oelh gangguan pencernaan yang biasanya diakibatka adanya bahan kimia berbahaya yang masuk ke dalam tubuh bayi. Akan tetapi mengenai hal tersebut bunda dapat mengatasi dengan mencuci peralatan bayi dengan sabun cuci botol bayi.

  1. Sembelit dikarenakan gangguan pencernaan

Penyebab sembelit pada bayi dapat dikarenakan beberapa hal, salah satunya yaitu dikarenakan makanan yang dimakan kurang serat, kurang minum air putih, stress, karena efek samping obat atau bahkan bisa dikarenakan terjadi alergi pada susu tertentu.

  1. Diare

Gangguan pencernaan diare biasanya ditandai dengan bayi yang buang air besar lebih dari tiga kali dalam sehari. Begitu banyak penyebab diare diantaranya yaitu, infeksi virus, bakteri, dan parasite. Akan tetapi diare bisa dicegah dengan menjaga kebersihan dari peralatan atau mainan bayi. Mencuci peralatan setelah menggunakannya dengan sabun cuci botol bayi merupakan pencegahan agar bayi dapat terhindar dari diare.