Token PLN Masih Gratis, Begini Cara Klaimnya

Cara Terbaru Klaim Token PLN Gratis – Mekanisme pengambilan token pln gratis dari pemerintah bisa dilakukan dengan dengan 2 cara.
  1. website : www.pln.co.id / layanan.pln.co.id
  2. Via WhatsApp : Nomor kontak 08122-123-123 
nomor meter pln
Nomor meter pln

Dampak dari pandemi Covid-19 pemerintah mengeluarkan kebijakan listrik gratis bagi pelanggan prabayar dan pasca bayar. Konpensasi yang diberikan berupa pembebasan biaya tarif listrik bagi konsumen rumah tangga daya  450 VA dan diskon 50% kepada konsumen rumah tangga 900 VA bersubidi (sesuai basis data terpadu TNP2K).

Untuk pelanggan rumah tangga daya  450 VA pascabayar  tidak perlu melakukan apa-apa, karena tagihan 3 bulan kedepan yaitu April, Mei, dan Juni dibebaskan/tidak ada tagihan.

Sedangkan bagi pelanggan listrik prabayar, PLN akan memberikan token gratis untuk 3 bulan kedepan kategori pelanggan yang disebutkan diatas. PLN melalui akun instagram resminya @pln_id menjelaskan langkah – langkah untuk mendapatkan token gratis.

Cara Klaim Token PLN Gratis via Website

Cara pertama dengan membuka website resmi PLN bisa melalui handphone atau PC, saya sertakan gambar screenshot agar mudah dipahami, silahkan buka website www.pln.co.id atau layanan.pln.co.id

Siapkan Nomor Meter, bisa dilihat di KWH atau dilihat pada kartu pelanggan.

Gratis diskon stimulus PSBB

Landing page pln.co.id diakses via handphone seperti gambar diatas ini, Lalu klik > GRATIS/DISKON STIMULUS PSBB

Input ID pelanggan PLN

Kemudian masukkan 11 digit Nomor Meter pada kolom Identitas Pelanggan seperti gambar diatas ini contoh No. Meter pelanggan 450VA, lalu klik > CARI

Proses pencarian ID pelanggan

Silahkan tunggu beberapa saat hingga proses pencarian identitas pelanggan selesai, seperti gambar diatas ini.

Info pelanggan

Hasil dari pencarian Identitas Pelanggan selanjutnya akan terlihat mengisi kolom-kolom yang sebelumnya kosong, Seperti nomor ID Pelanggan,nama pelanggan dan tarif/daya.
Pada kolom Gratis/Diskon Stimulus PSBB merupakan nominal Token Gratis yang akan di peroleh oleh pelanggan berdasarkan jumlah pemakaian terbesar dalam 3 bulan terakhir.

Kode Token PLN GRATIS

Sedangkan untuk Kode Token yang di peroleh oleh pelanggan akan terlihat di keterangan bagian bawah halaman.

Token PLN 450VA

Silahkan buat tangkapan layar (screenshoot) atau SALIN 20 digit kode token untuk kemudian diinput pada KWH sesuai dengan nomor meter.

 

Situs Resmi PLN www.pln.co.id Susah Diakses Mengatasinya Bagaimana ?

Tapi situs resmi www.pln.co.id susah sekali dibuka/diakses, karena mungkin banyaknya pelanggan PLN yang mengakses website tersebut. Lebih banyak dibandingkan hari biasanya hingga mengakibatkan server jadi down.

Untuk mengatasi website PLN yang susah sekali diakses atau bisa dibuka hanya di halaman utamanya saja.

  • Gunakan koneksi internet yang stabil kemudian hapus riwayat browsing / cache.
  • Pilih waktu tepat, yang sekiranya tidak banyak yang sedang mengakses website PLN, seperti sore, malam atau di pagi hari.

Masih kesulitan melalui website, pelanggan bisa menggunakan cara kedua, yaitu melalui WhatsApp ke nomor kontak resmi PLN Click here to chat WA 08122123123

Kontak WA PLN

Namun ketika saya mencoba melalui kontak WA resmi PLN, 2 kali mencoba yaitu tanggal 3 dan tanggal 4 namun tidak ada respon sama sekali apalagi memberikan petunjuk langkah – langkahnya.

Seorang Pekerja Biasa Yang Menyukai Bloging dan Bisnis online.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *